Pages

Wednesday, August 2, 2017

Visa On Arrival Shenzhen (Dari Hongkong)


HALOOO SEMUAAA..!

Ok, jadi ini blog pertama gw pake Bahasa Indonesia dan kali ini gw mau sharing pengalaman gw bikin visa untuk masuk ke Shenzhen dari Hongkong! 

Jadi, berbeda dengan Hongkong, Macau dan negara-negara yang tergabung dalam ASEAN, untuk masuk ke China (People's Republic of China (PRC)), pemegang paspor Indonesia diharuskan untuk memiliki visa. Nah, Shenzhen ini juga salah satu bagian dari PRC!

Nah, untuk mendapatkan visa ini - seperti visa lainnya - kita bisa apply dari kedutaan besar PRC di negara tempat kita tinggal, misal: Indonesia - Jakarta. Dan bisa pilih mau prosesnya agak lama, atau bayar lebih! info lebih lengkapnya bisa cek disini: http://www.visaforchina.org/

Jadi kalau kita bikin visa di Indonesia - apply sendiri, tanpa lewat tour agent - untuk regular applications, single entry, total biayanya Rp540.000,-. Nah, kalau saya bikin di Singapore, visa yang sama, harganya S$85! Ini belum ngitung trnasport ke sana untuk drop berkas dan ambil visa, harus cuti, nguber kerjaan, dll. 

Berita baiknya adalah untuk pemegang paspor Indonesia, kita bisa juga apply visa-on-arrival kalau kita masuk ke Shenzhen dari Hongkong! Prosesnya jauh lebih cepat dan jauh lebih murah! Dengan catatan: Visa ini cuma berlaku selama 5 hari untuk di Shenzhen [tidak bisa ke kota lain]. Dari hasil baca sharing2 di internet si katanya ada yang ditolak juga, tapi waktu saudara saya telpon tanya ke bordernya, kayanya si paspor Indonesia bisa ya.. Puji Tuhan, saya si waktu itu dapet visanya.

Jadi untuk apply visa ini, kita harus 'nyebrang' lewat Lo Wu Border. Border ini cuma bisa dijangkau lewat MTR [Lo Wu Station]. Begitu sampe di Lo Wu, ikutin aja petunjuk arah Exit - Shenzhen. jalan terus sampai keluar imigrasi Hongkong.

Keluar MTR di Lo Wu Station dan ikuti arah ini




Ikutin terus lagi jalan nya, cari tulisan "Port Visa" dan naik eskalator ke atas!

TADAAA! disanalah kantor visa nya. Buka dari jam 07.00 sampai 23.30! Ok ternyata disini ga boleh foto2 gaes.. jadi yah ga bisa di share gimana bentuknya, tapi kalo pas ke sono, pasti keliatan kok! pintu kaca dan banyak loket sama tempat duduk! Nah di depan pintu kaca ini akan ada meja dan formulir [kaya meja bank yang tempat isi form itu]. Jadi urutan untuk apply nya begini:
1. Isi Formulir
2. Masuk ke ruangan, ambil nomer urut di mesin deket pintu
3. Tunggu giliran, pas dipanggil, kasih papor sama formulir yang kita isi tadi ke petugas di loket
4. Biasanya disuruh duduk lagi buat tunggu prosesnya.
5. Pas dipanggil, ke loket tempat bayar, bayar RMB168! [cuma Rp300.000an gaes!]
6. TADAA!! Udah ada visa nempel di paspor! lanjut ke imigrasi shenzhen!

Total prosesnya ga sampe setengah jam! Ga perlu repot bolak balik kedutaan dan hampir 1/3 harga bikin di Singapore! Oh my... Tapi inget, bayarnya harus CASH dan harus pake RMB [atau Yuan, mata uang China]. Setelah keluar imigrasi Shenzhen, ini sudah langsung di metro station! semacam MRT nya shenzhen, jadi kemana2 gampang!

Stasiun Metro Luohu - Shenzhen
Tadinya sih jujur gw agak ragu untuk visa-on-arrival, takut kalo ditolak gimana dong? Kalo sendiri si gapapa, lah gw perginya sama bonyok. Mereka ga mau ambil resiko dan udah apply di indo! Tapi kalo buat kalian yang travel sama temen ato sendiri, apalagi kalau jadwalnya flexible. Menurut gw sih ini solusi banget. Kalo dapet, lanjut! Ga dapet [which is very unlikely, i think], yaudah main lg di Hongkong.

Major tips kalo ke china: DOWNLOAD OFFLINE TRANSLATION DI GOOGLE TRANSLATE sebelom masuk China. Kenapa? 1. Google di blok di china, imagine life w/o google guys! 2. Gw buta huruf cina! I literally said "thank you for speaking English" sama salah satu karyawan di salah satu resto di mall. jadi inget, download ini! Apps ini bisa live translate dari kamera! *mindblown*

Ok, ini sedikit sharing gw tentang visa-on-arrival di Shenzhen! Ohya, gw bikin post ini pake Bahasa Indonesia karena ini berkaitan dengan paspor Indonesia, dan yah yang punya paspor Indonesia kan orang2 Indo lah ya.. semoga bermanfaat!

Ohya, aku jaaauhhh lebih aktif di Instagram daripada blog ini, jadi untuk update yang lebih cepet atau kalau ada yang mau nanya2, monggo contact saya di @anthony.ali

GOD Bless~~

No comments:

Post a Comment